AUDITOR SMK3
Yogyakarta, 26 - 29 Agustus 2019
On Schedule
DESKRIPSI
Salah satu manfaat dari penerapan sistem manajemen adalah
sistem yang dapat diukur dan diverifikasi sehingga dapat diketahui sampai
seberapa jauh keberhasilan dalam penerapan system tersebut. Untuk pembuktian
penerapan SMK3 di perusahaan perlu dilakukan audit SMK3. Audit SMK3 dilakukan
terhadap elemen-elemen dan kriteria-kriteria audit SMK3 yang ada.
Audit SMK3 adalah proses yg dilakukan sistematik, independen
dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara
objektif untuk menentukan sampai sejauh mana kriteria audit dipenuhi. Standar
Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dimaksudkan untuk
melindungi pekerja dari kemungkinan sakit karena pekerjaan dan dari kecelakaan
kerja. Agar penerapannya berjalan efektif, maka secara periodik perlu dilakukan
efektivitasnya melalui audit internal dan tinjauan manajemen. Dari hasil audit
SMK3 akan dapat diperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang status mutu
pelaksanaan K3 yang selanjutnya dapat digunakan untuk perbaikan yang
berkelanjutan.
TUJUAN
Tujuan utama pelatihan SMK3 adalah memberikan pemahaman suatu sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Pelatihan dapat dilaksanakan in-house atau terbuka.
Setelah mengikuti pelatihan peserta mampu :
· Ø Memenuhi
kriteria PP 05/Men/2012
Ø Menjadi
auditor internal SMK3 yang kompeten dan professional yang mampu melaksanakan
audit penerapan SMK3 di perusahaan.
Ø Berpotensi
menjadi auditor eksternal
Ø Mengerti
dan memahami Prinsip-prinsip, elemen-elemen dan Kriteria SMK3
Ø Merencanakan,
mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan hasil internal audit SMK3
Ø Mengumpulkan,
menganalisa dan verifikasi bukt audit serta mengkomunikasikan hasil observasi
yang signifikan untuk ditindaklanjuti.
Ø Mengevaluasi
pemenuhan peraturan perundangan K3
Ø Menjelaskan
secara rational dukungan dalam penerapan SMK3
Ø Mengerti
dan memahami peran auditor dan lead auditor dalam melaksanakan audit SMK3
Manfaat
· Ø Mendapat pengakuan sebagai auditor
internal yang telah tersertifikasi
Depnakertrans;
· Ø Dapat melakukan evaluasi terhadap
tim auditor internal.
MATERI
1.
Kebijakan Keselamatan
dan Kesehatan Kerja
2.
Review Materi Keselamatan
dan Kesehatan Kerja
3.
SMK3 (PP No. 50 Tahun
2012)
4.
Prinsip Dasar dan
Penerapan SMK3 (Lampiran I PP No. 50 Tahun 2012
5.
Mekanisme, Teknik Audit
SMK3, Tingkat Penerapan SMK3, dan Sertifikasi SMK3
6.
Pelaksana Audit SMK3
(Lembaga dan Auditor)
7.
Interpretasi Kriteria
Audit
8.
Simulasi audit SMK3
9.
Evaluasi Akhir
INSTRUKTUR
DINAS TERKAIT
(Dinsosnaker, Disnaker , KEMENAKER RI ), Praktisi Perusahaan.
PERSYARATAN PESERTA
1. Sudah pernah mengikuti training AK3
UMUM
2. Membawa Surat rekomendasi dari
perusahaan
3. Membawa FC Sertifikat AK3 Umum
4. Membawa FC Kartu lisensi AK3 Umum
dan FC SKP AK3 Umum
5. Membawa pas foto uk 2x3, 3x4 dan 4x6
masing masing 3 lbr (Background merah)
WAKTU & TEMPAT
08.00 sd 16.00 wib
Gedung
Jogja Training Career Center
Menerima Request In House Training
BIAYA
Pembayaran dilakukan saat
registrasi atau transfer ke:
PT Bank Mandiri Cab KH A Dahlan
Yogyakarta
Acc. No. 137-000-626356-6 a/n PT Centra Gama Indovisi
Acc. No. 137-000-626356-6 a/n PT Centra Gama Indovisi
FASILITAS
·
Penjemputan Kedatangan (Khusus Peserta Luar Kota)
·
Modul
·
Training Kit
·
2x coffe break, 1x lunch
·
Antar jemput selama training (Khusus Peserta Luar Kota)
· Souvenir
·
Dropping Kepulangan (Khusus Peserta Luar Kota)
0 Response to "AUDITOR SMK3"
Posting Komentar